- Sentuhan Ibu Ketua TP PKK Yanti Rahmawati: UMKM Selayar Dibekali Teknologi AI untuk Optimasi Usaha
- Darah Bhayangkara Mengalir, Bupati Selayar Tempuh Laut Naik Kapal Kecil
- Polres Kepulauan Selayar Gelar Upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke-79
- Anggota DPRD Sulsel Hj. Maryani Ali Laksanakan Pengawasan APBD 2025 di Desa Patilereng, Kepulauan Selayar
- Perjuangan Bupati Selayar Bangun Daerah, Temui Tiga Kementerian dalam Sehari
- Bupati Selayar Paparkan Potensi Perikanan dan Dorong Dukungan KKP untuk Program Kampung Nelayan Merah Putih
- SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN DIREKTUR UTAMA PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM TIRTA TANADOANG TAHUN 2025
- Bupati Natsir Ali Dorong Taka Bonerate Jadi Model Nasional Pengelolaan Perikanan Berbasis Konservasi
- SELEKSI PENGISIAN JABATAN ANGGOTA DEWAN PENGAWAS PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM TIRTA TANADOANG TAHUN 2025
- Wabup Selayar Fasilitasi Penyelesaian Polemik ADD dan PBB, Pelayanan Kantor Desa Balang Butung Diaktifkan Kembali
Digitalisasi SPBE Salah Satu Langkah Strategis Wujudkan Misi Pertama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar

KEPULAUAN SELAYAR - Dalam rangka meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, serta mewujudkan misi pertama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2025-2030, yaitu meningkatkan pengelolaan pemerintahan yang akuntabel dan adaptif, maka digitalisasi pemerintahan daerah melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menjadi salah satu langkah strategis yang dapat ditempuh.
Hal ini disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Ir. H. M. Yunan Krg. Tompobulu, ST.,MT.,IPM mewakili Sekda Selayar, saat menghadiri sosialisasi tim koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Ruang Kerja Kadis Kominfo SP, Kamis (8/5/2025).
Menurut M. Yunan, Tim Koordinasi SPBE memiliki peran penting dalam meningkatkan Indeks SPBE melalui beberapa cara, antara lain perumusan kebijakan yang tepat yang menjadi dasar bagi implementasi SPBE yang efektif dan efisien. Selain itu kata M. Yunan adalah penyusunan program kerja yang terstruktur dan terukur, memastikan implementasi SPBE berjalan sesuai rencana dan tujuan yang telah ditetapkan.
Baca Lainnya :
- Asisten Pemerintahan dan Kesra Buka Rakor SPBE Kerja Sama USAID Erat dengan Diskominfo0
- Diskominfo SP Gelar FGD Terkait Penyusunan Peraturan Bupati Tentang Arsitektur SPBE0
- Wabup Kepulauan Selayar ; SPBE Hasilkan Efisiensi Birokrasi dan Tingkatkan Layanan Publik 0
- Diskominfo Selayar siap wujudkan tata kelola pemerintahan berbasis Elektronik0
- Wabup Imbau Perangkat Daerah Turut Berkontribusi Tingkatkan Indeks SPBE0
"Pemantauan dan evaluasi yang rutin membantu mengidentifikasi kendala, tantangan, dan peluang untuk peningkatan. Koordinasi antar instansi memastikan implementasi SPBE berjalan secara terpadu dan sinergis, baik di tingkat nasional maupun daerah," kata M. Yunan.
Keseluruhan tugas/program kerja yang dibahas dalam sosialisasi tersebut diharapkan mampu dikomunikasikan kepada seluruh unit kerja/perangkat daerah sesuai amanat penetapan tim koordinasi SPBE IPPD. Selain itu, diharapkan juga untuk melakukan reviu dan evaluasi terhadap tugas/program kerja minimal sekali dalam setahun untuk membahas permasalahan dan rekomendasi perbaikan yang aktual.
Sementara itu, Sekretaris Dinas Kominfo SP, Andi Dwiyanti Musrifah Basli dalam laporannya menyampaikan hasil evaluasi SPBE Pemkab Kabupaten Kepulauan Selayar yang masih berada pada indeks 2,57 dengan predikat cukup.
Olehnya itu, Musrifah Basli mengimbau beberapa OPD yang tergabung dalam tim koordinasi agar memperbanyak sosialisasi dan koordinasi guna dapat meningkatkan indeks SPBE kedepannya.
Selain Sekdin Kominfo, turut hadir mendampingi Asisten Pemerintahan adalah Kabid Humas IKP bersama Kabid Aptika. Hadir pula secara virtual Firdaus Masyhur sebagai pemateri tentang arsitektur SPBE, bersama para pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar. (Humas IKP/M)
